Senin, 08 Juni 2009

BERPIKIR, BERSIKAP DAN BERTINDAK POSITIF

 Memikirkan langkah tindakan untuk kebahagiaan masa depan, jauh lebih baik dari pada larut mengingat-ingat kesuksesan, kepedihan, penyesalan, sakit hati masa lalu. Hanya menghabiskan waktu, dan tidak akan merubah keadaan. Sesuatu yang telah berlalu biarkan berlalu jangan menoleh kebelakang lagi, pandanglah masa depan.

 Tidak ada manusia yang sempurna, begitu juga dengan diri anda. Kekurangan dan kelemahan orang lain bukan untuk dibicarakan jadi bahan tertawaan, karena kekurangan dan kelemahan anda mungkin juga jadi bahan cerita dan tertawaan orang lain. Tidak ada manfaatnya, akan menumbuh suburkan sikap mental negatif kepada diri anda dan hanya akan menghabis-habiskan waktu.

 Manusia berbicara, bersikap dan bertindak sesuai dengan apa yang ada pada pengetahuan, kemampuan dan pikirannya. Begitu juga dengan diri anda. Terimalah orang lain seperti apa adanya dia. Tidak ada gunanya mengecam dan menyalahkan orang lain, seperti halnya diri anda tidak akan senang dikecam dan disalahkan oleh orang lain. Lebih baik berbicara kearah perbaikan.

 Jika kita melihat sesuatu hal yang tidak berkenan dengan sikap dan tindakan orang lain, lebih baik kita ambil pelajaran agar jangan sampai kita melakukan hal yang sama.

 Orang bersikap dan bertindak berdasarkan kesadaran atau ketidak sadarannya. Luapan emosi yang berlebihan atau tekanan yang terjadi pada dirinya kadangkala membuat orang bersikap dan bertindak negatif diluar kesadarannya. Jika itu terjadi maklumkan dan sadarkanlah, karena itu bisa terjadi juga pada diri anda.

 Batas kemampuan orang berbeda-beda. Apabila anda berhadapan dengan orang yang kemampuannya dibawah anda jangan pernah menuntut lebih dari batas kemampuannya. Karena akan menyakitkan orang tersebut. Seperti juga diri anda jika dituntut orang lebih dari batas kemampuan anda. Solusi yang baik adalah melakukan sesuatu agar bisa meningkatkan batas kemampuannya.

 Jangan biarkan diri anda dan orang lain mudah menyerah untuk mencapai keberhasilan, jika keberhasilan itu telah banyak orang yang mencapainya. Apabila anda sudah melangkah sebenarnya anda sudah memulainya, dan sedang dalam proses, Dibutuhkan kesabaran dan waktu lagi dan anda pasti mencapainya. Kegagalan terjadi karena orang berhenti sebelum sampai ditempat tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar